il TA. 2014/2015, Tanggal 07 Oktober 2014

MA MIftahul Huda WEB ID. SELAMAT DATANG DI. | Blog informasi MA Miftahul Huda Rawalo. Uptudate Terpercaya.

2 December 2022

PROFIL KH. ZAENI ILYAS PENGASUH PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA PESAWAHAN RAWALO

 

PROFIL
KH. ZAENI ILYAS
PENGASUH PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 

Perkembangan Pondok Pesantren Miftahul Huda merupakan serangkaian dari riwayat perjalalanan hidup pengasuhnya. Sampai sekarang Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Rawalo Banyumas cukup berkembang dan terkenal di berbagai pelosok karena kearifan dan ketaatan pengasuhnya, sebagai salah satu pondok pesantren yang membimbing para santri untuk tekun belajar ilmu agama. Oleh karena itu sejarah Miftahul Huda tidak lepas dari sederetan kisah perjalanan hidup pengasuhnya. 

Link Buku Panduan 

   Video Profil 

A.    Profil Umum Pondok Pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas

1.    Sejarah Perkembangan PP. Miftahul Huda Rawalo Banyumas

Miftahul Huda merupakan pondok pesantren yang berdiri karena perjalanan seorang kepala desa yang disegani karena ketegasan dan kedermawanannya, beliau adalah KH. M. Ilyas Suhardja, atau lebih familiar dengan sebutan Mbah Ilyas. Sebagai tokoh desa yang sangat disegani dan dermawan, beliau tidak segan-segan mengajak masyarakatnya untuk melaksanakan sholat lima waktu. Tidak hanya sampai disini, melalui zakat mal, beliau juga berupaya mengentaskan ekonomi masyarakat sekitar yang olehnya juga digunakan sebagai media menyebarkan dakwah keislaman. Selain sebagai tokoh desa, beliau juga dikenal sebagia tokoh agama (Kiai) yang memiliki cukup banyak santri kalong, dikarenakan warga desa Pesawahan masih terbilang sangat awam pada agama saat itu. Sedangkan Kiai Muhammad Ilyas terkenal sebagai tokoh yang dekat dengan para ulama.[1]

KH. Zaeni Ilyas merupakan sosok ulama yang dilahirkan pada tanggal 11 Januari 1932 M, di desa Pesawahan, Rawalo, merupakan putra dari dua kekasih Allah yakni, KH. Muhammad Ilyas dan Ny.Hj. Sholihah, beliau pada saat penjajahan Belanda masih sangat dirasakan oleh penduduk negeri Indonesia.

Kiai Zaeni menempuh Pendidikan formalnya di SD Belanda yang terletak di kecamatan Rawalo selama 6 tahun. Selama iti juga beliau mengkaji kitab kepada ayah beliau yaiutu KH. Muhammad Ilyas seperti kitab Safinah an-Najah, kitab Sulam at-Taufik dan lain-lain. Selanjutnya genap di usianya yang ke 15 tahun atau pada tahun 1947 M, beliau merantau menimba ilmu di pondok pesantren Mafatihul Huda Jampes, Kediri. Beliau berguru pada Syeikh Ikhsan Jampes[1]. Namun berita duka datang dari rumah Ketika Kiai Zaeni baru satu sahun mencari ilmu disana, yang mengabarkan bahwa ibunda dari Kiai Zaeni meninggal dunia sehingga beliau Kembali ke rumah selama beberapa waktu.[2] Singkat cerita, sepulangnya Kiai Zaeni menimba ilmu dari Jampes Kediri, beliau kembali meneruskan menuntut ilmu di pesantren yang berbeda yaitu di pondok pesantren Al-Ihya Ulumaddin Cilacap, disini beliau berguru kepada Syeikh Badawi Hanafi selama kurang lebih 3 tahun.

Di pesantren Al-Ihya Ulumaddin, kealiman dan keistimewaan beliau sudah terlihat pada saat beliau telah mengkaji dan menghafal alfiyah namun teman sebayanya belum ada satupun yang mencapai alfiyah. Selain itu, oleh guru nahwunya yaitu Kiai Hadi[1], beliau sering diminta untuk membadali[2] Kiai Hadi mengajar kitab kuning ketika sang guru sedang berhalangan. Keistimewaan Kiai Zaeni juga diketahui oleh putra pengasuh yaitu Gus Muhammad Badawi yang kemudian menceritakan kelebihan Kiai Zaeni kepada ayahnya yaitu Syeikh Badawi Hanafi. Setelah mendengar tentang Kiai Zaeni, Syeikh Badawi kemudian memberikan kesempatan langka yaitu belajar langsung kepada Syeikh Badawi Hanafi. Hal ini disebut sebagai kesempatan langka sebab tidak sembarang orang dapat mengaji langsung dengan beliau.[3] Setelah belajar kepada Syekh Badawi Hanafi selama tiga tahun, Kiai Zaeni muda meneruskan perjalanan mondoknya dengan kembali mesantren di pondok pesantren Mafatihul Huda Kediri kepada Syekh Ikhsan. Di pesantren inipun, lagi-lagi kealiman Kiai Zaeni mencuri perhatian para pengasuhnya yang diantaranya adalah beliau langsung diminta untuk ikut menjadi pengajar di pesantren tersebut. Bahkan oleh Gus Muhammad, putra Syekh Ikhsan, KiaiZaeni ditunjuk langsung menjadi lurah[1] pondok. Kiai Zaeni mengabdikan dirinya di pondok Mafatihul Huda selama 5 tahun Kemudian pada tahun 1955 M, beliau melanjutkan mesantren di pondok pesantren Al-Islah Lasem kepada Syekh Masduqi Al-Lasimy.[1] Selain belajar kitab kuning, disana beliau belajar ilmu falak langsung kepada Syekh Masduqi. Selama di Lasem, Kiai Zaeni juga mengaji kilatan puasaan ke Kediri yaitu ngaji pada Kiai Zuweni Nuh di Pare Kediri yang merupakan alumni PP. Tebuireng. Dua kali beliau pergi mengaji kesana hanya untuk mengaji kitab Shohih Bukhori pada kali waktu dan mengaji kitab Shohih Muslim pada waktu lain.[2]

Setelah lima tahun mondok di Lasem, Kiai Zaeni kembali ke pondok pesantren Al-Ihya Ulumaddin dan menutup masa lajangnya disana. Beliau dijodohkan oleh gurunya yaitu Syekh Badawi Hanafi dengan putinya yaitu Nyai Hj. Muttasingah Badawi yang pada saat itu masih berumur 15 tahun.[3] Berbekal keyakinan dan ilmu agama yang sangat kuat yang diperoleh Kiai Muhammad Ilyas dari mesantren seperti Bogangin, Kaliwedi, Palubon Magelang mulailah sosok Kiai Muhammad Ilyas berkiprah menyongsong kemasyarakatan dan dakwah Islamiyah dengan mewujudkannya melalui perhatiannya yang tercurah pada perjuangan kemasyarakatan, dakwah dan pendidikan. Gelar Muhibbin juga disandangkan kepada beliau, hal ini dikarnakan beliau adalah orang yang senang dekat dan bergaul dengan para ulama.[1]

Selain itu, suri tauladan Kiai Muhammad Ilyas dapat kita lihat dari dorongan dan didikan nyata yang senantiasa diberikan khususnya kepada keluarga, anak dan cucunya juga kepada masyarakat sepenuhnya tentang pentingnya kebersamaan, gotong royong, etos kerja, usaha ekonomi dan perdagangan. Terbukti dengan keberadaan pemakaman desa Pesawahan yang merupakan wujud nyata monumental jasa beliau dan kepedulian beliau pada saat itu atas kesulitan yang dihadapi masyarakat kaumnya akibat desanya belum memiliki pemakaman.[2]

Sikap beliau terhadap pesantren dan dakwah adalah salah satu contoh nyata dan langka pada saat itu. Putra-putri beliau sudah dikenalkan dan diwajibkan ngaji di pesantren sejak usia dini, beliau mempunyai kebiasaan memberi bekal (biaya, sangu, uang, beras, kitab) kepada siapa saja yang hendak menimba ilmu dipesantren bahkan belakangan diketahui banyak tokoh dan kiai-kiai di Banyumas dan Cilacap yang pernah mendapat bantuan kitab-kitab pada saat itu ketika sowan menghadap beliau, hal ini adalah demi rasa cintanya terhadap santri, kiai dan pondok pesantren.[3]

Kiai Muhammad Ilyas berteman baik pula dengan Syekh Ahmad Badawi Khanafi yakni seorang mursyid dari Toriqoh Syatariyah Syadziliyah. Hubungan dengan kiai-kiai di daerahnya ia rajut dengan penuh hangat silaturrahim bahkan pada akhirnya beliau besanan dengan tokoh besar Kiai Agung Syeikh KH. Badowi Hanafi pengasuh pondok pesantren Kesugihan Cilacap (sekarang PP Al-Ihya Ulumaddin) untuk utra bungsu beliau Juweni (KH. Zaeni Ilyas) dinikahkan dengan putri Syeikh yang bernama Muttasingah.[1]

Rupanya pasangan pengantin baru “Zaeni dan Mutasingah” ini merupakan tali sambung dari perjuangan dua tokoh besar (Syeikh Badawi Hanafi dan KH. Zaeni Ilyas Suhardja) untuk melanjutkan dakwah beliau berdua dan menancapkan benih kepesantrenan sebagai basis perjuangannya. Setelah menikah, KH. Zaeni Ilyas belum langsung boyong, baru setelah 3 tahun, yaitu 1963 beliau memboyong istrinya ke desa Pesawahan. Seboyongnya KH. Zaeni Ilyas ke Pesawahan, ada beberapa santri Kesugihan yang kemudian menjadi cikal bakal santri dari pesantren Miftahul Huda kelak.[2] 

Dengan izin dan rahmat Allah, didampingi dan diikuti juga oleh beberapa teman-temannya dari pesantren yang ikut serta tinggal di Pesawahan guna melanjutkan belajar mengaji kepada KH. Zaeni Ilyas. Maka segeralah dirintis bersama teman-teman yang telah menjadi santrinya dengan dukungan dan dorongan dari Kiai Muhammad Ilyas hingga kemudian dibangunlah sarana dan prasarana pondok pesantren. Momentum inilah kemudian dijadikan sebagai peringatan Milad Hauliyah berdirinya PP. Miftahul Huda yang peringatannya dibarengi dengan haul KH. Ilyas Suhardja.[1]

Di tengah-tengah masyarakat yang masih sangat kurang pengetahuan dan keagamaannya atau bisa disebut dengan istilah abangan, Sebagian masyarakat terbiasa dengan kegemaran nanggap ebeg, lengger, tayub yang diramekan dengan berjudi, adat kejawen baik dalam hajatan maupun dalam mengelola pertanian masih kental dilakukan. Sementara sifat keberagamaan masyarakat yang lainnya bercorak islam priyayi dengan sifat yang pragmatis, lemah sikap perjuangannya, apriori, apatis terhadap pesantren.[2]

Kiai Zaeni berdakwah dengan mengajak anak-anak kampung putra dan putri untuk ngaji bersama santri mukim. Hingga lambat laun ada sekitar 35 anak kampung yang menyatu dengan para santri mukim yang baru ada sebanyak 15 santri. Sementara anak putri yang ikut mengaji jumlahnya lebih banyak yaitu mencapai 50 an, dibawah asuhan Ny.Hj. Muttasingah. Pada saat itu beliau sebagai perintis pengajian santri warga sekitar (santri kalong) dan dikembangkan dalam muslimat Senin Manisan, keliling muslimat se-kecamatan, kegiatan pengajian antar mushola se- kecamatan Rawalo dan ssekali mengenalkan toriqoh.[3]

Diantara santri PP. Miftahul Huda yang pertama adalah Kiai Adzor’i dari Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu, santri-santri dari KH. Sya’roni pondok Sidmulih secara letak geografis adalah tetangga desa, banyak yang jolok[1] ngaji ke KH. Zaeni Ilyas. Diantara santri-santri jolok tersbut ada Prof. Mubarok, Prof. Wahib Mu’thi Alm. Lambat laun santri dari berbagai daerah datang untuk ngaji kepada beliau.[2]

Keberadaan tokoh pesantren ini terbukti mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam sosialisasi dakwah dan pengembangan masyarakat, berupa pengembangan Majlis Ta’lim, organisasi sosial keagamaan seperti NU, Fatayat, muslimat dan Lembaga pendidikan yaitu dengan berdirinya TK Diponegoro yang mendapat perlawanan dari tokoh masyarakat desa sebagai imbas saingan idiologi (NU-PNI) atau islam santri priyayi, karena Sebagian mereka beraliran PNI yang sedang gencar-gencarnya berkampanye. Tetapi akhirnya TK tersbut akhirnya berdiri walaupun Ny.Hj. Muttasingah harus beberapa kali menghadap ke kabupaten, dan terus berkembang sampai tingkat perguruan tinggi, Adapun nama Lembaga pendidikan formalnya adalah:[3]

  1. PAUD Raudlatus Sholihah
  2. TK Diponegoro 64
  3.  MI Ma’arif NU Pesawahan
  4. MTs Miftahul Huda (SMP berciri khas Islam, Kurikulum Sisdiknas Terpadu Pesantren)
  5.  MA Takhossus Miftahul Huda (SMA berciri khas Islam Berkurikulum Sisidiknas Terpadu Pesantren)
  6. SMK TEKOM MBM Miftahul Huda (Teknik Komputer dan Jaringan)
  7. SMK Miftahul Huda
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Miftahul Huda Rawalo.
  • PENDIDIKAN NON FORMAL
  1. Madrasah Diniyah
  2. Majlis Talim 
  3. BKL Komputer
  4. BLK Batik

  • KITAB KITAB YANG DI TULIS 
  1. Kitab Ami>nah at-T}om’a>n
  2. Kitab Umniyah al-Abna>’ 3. Kitab Jurumiyah Jawa

  3. Tuntunan Wirid
  4. Tuntunan Kataman Basa Jawa
  5. Terjemah Muro>d Tafsir Jala>lai>n
  6. Kitab Tarjamah Juz ‘Amma
  7. Tafsir Surah Al-Baqarah
  8. Tafsir Surah Ya>si>n dan Taba>rak
  9. Terjemah Muro>d Dasu>qi>
  10. Terjemah Muro>d Alfiyah Ibnu Ma>lik
  11. Kumpulan ‘Aurad (dzikir dan doa)
  12. Kumpulan Sya’ir, dan lain-lain;

1.    Letak Geografis PP. Miftahul Huda

Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesawahan dalam sejarahnya merupakan bagian dari mata rantai dakwah dan penyebaran ajaran agama Islam di wilayah Selatan pulau Jawa. Hal ini dapat kita cermati dari alur penyebaran pertumbuhan pesantren-pesantren dari daerah Mataram-Purworejo-Kebumen ke barat sampai daerah Timur Selatan Jawa Barat.

Banyak dijumpai pesantren-pesantren yang tumbuh dengan alur sililah yang bertemu pada berbagai titik bersingggungan pada riwayat penyebaran dakwah Islam di wilayah ini. Desa Pesawahan merupakan sebuah desa berbentuk segi panjang yang dikeliligi oleh sawah dari segala penjuru arah, berjarak 2 Kilometer dari kecamatan Rawalo.

2.    Aktivitas Santri

a.    Aktivitas Harian Santri

Jadwal aktivitas harian santri di pondok pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas adalah sebagai berikut:

 

Tabel 2. Aktivitas Harian Santri

Jam

Kegiatan

03.30 – 05.30 WIB

Bangun tidur, sholat sunnah tahajjud, tadarus Al-Qur’an, sholat sunnah qobliyah subuh, dilanjutkan dengan sholat suuh berjama’ah dan wiridan.

05.30 – 06.30 WIB

Mengaji Al-Qur’an baik bi al-nadri atau bi al-ghoib (bagi santri huffadz), serta ngaji bandongan kitab kuning, yakni kitab Mabadi fiqih, kitab Fathul Mu’in, dan kitab Tadzhib wa Tadzhib.

06.30 – 12.00 WIB

Mandi, sarapan, kegiatan belajar mengajar pagi di kelas bagi pelajar (sekolah).

12.00 – 12.30 WIB

Istirahat, sholat, makan.

12.30 – 13.30 WIB

Kegiatan belajar mengajar siang di kelas (sekolah)

13.30 – 15.30 WIB

Istirahat.

15.30 – 16.30 WIB

Sholat ashar berjama’ah dan pembacaan surat Al-Waqi’ah di mushola.

16.30 – 17.30 WIB

Kegiatan belajar mengajar di kelas (ngaji sore) kitab karangan simbah bagi santri baru yaitu, Kitab Cawang Iman, Kitab Niat Ingsun Ngaji dan Kitab Jurumiyah Jawa serta ngaji Tajwid.

Sedangkan bagi santri lawas ngaji kitab kuning Ta’lim Muta’alim dan Kitab Taisirul Kholaq.

17.30 – 18.00 WIB

Istirahat dan makan sore.

18.00 – 18.30 WIB

Sholat Maghrib berjama’ah dan wiridan serta pembacaan surat Yaasin di mushola.

18.30 – 19.50 WIB

Mengaji Al-Qur’an baik bi an-Nadri maupun bi al-Khifdzi (setoran hafalan Al-Qur’an atau deresan Al-Qur’an)

19.50 – 21.30 WIB

Kegiatan belajar mengajar di kelas Madrasah Diniyah.

21.30 – 22.00 WIB

Sholat isya.

22.00 – 23.00 WIB

Kegiatan ekstra santri. Biasanya diisi dengan inisiatif santri sendiri, misalnya tadarus Al-Qur’an atau nadhoman.

23.00 – 03.00 WIB

Tidur/ istirahat di kamar masing-masing.

 

b.   Aktivitas Mingguan Santri

Jadwal aktivitas harian santri di pondok pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas adalah sebagai berikut:

 

 

Tabel 3. Aktivitas Mingguan Santri

No.

Jenis Kegiatan

Hari/Waktu

Tempat

1.

Selasahan, kajian kitab.

Senin, malam Selasa, setelah sholat maghrib berjama’ah.

Masjid bagi santri putra dan Mushola pusat bagi santri putri.

2.

Sholat Tasbih.

Kamis malam Jum’at.

Mushola.

3.

Pembacaan sholawat al-Barzanji dan khitobah.

Kamis, malam Jum’at.

Aula.

4.

Tahlil bersama.

Jum’at pagi dan sore.

Area makam si Mbah Zaeni Ilyas.

5.

Sema’an juz ‘amma dan Al-Qur’an.

Minggu pagi.

Mushola dan Area makam si Mbah Zaeni Ilyas (bagi santri huffadz)

6.

Roan Mingguan.

Minggu setelah kegitan sema’an selesai.

Pondok pesantren Miftahul Huda.

 

c.    Aktivitas Tahunan

Jadwal aktivitas tahunan santri di pondok pesantren Miftahul Huda Rawalo Banyumas adalah sebagai berikut:

Tabel 4. Aktivitas Tahunan Santri

No.

Jenis Kegiatan

Waktu

Tempat

1.

Haul Muassis Ma’had

27 Rajab

Pondok Pesantren Miftahul Huda

2.

Imtihan/ Akhirussanah

Akhir tahun ajaran

Pondok Pesantren Miftahul Huda

3.

Ziaroh Kubur

Setiap bulan Rajab

 

 

d.   Aktivitas Ekstra Santri

Kegiatan tambahan santri biasanya akan diisi dengan acara-acara yang berkenaan dengan bulan-bulan penting Hijriyah. Misalnya dengan mengadakan pengajian setiap bulannya, seperti pada peringatan bulan Muharrom atau tahun baru hijriyah, bulan Rabi’ul Awwal, Rajab, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk peringatan hari nasional sendiri Miftahul Huda juga akan memeriahkannya dengan kegiatan lomba-lomba bagi santri. Disanping pengajian, kegiatan ini biasanya diselingi dengan istighosah atau do’a bersama.

Seperti kegiatan dalam rangka “Menolak Lupa Pahlawan Revolusi” pada tanggal 30 September 2021, pengurus pondok pesantren Miftahul Huda mengadakan acara nonton bareng film G30SPKI bersama seluruh santri Miftahul Huda. Tujuannya ialah mengingat sejarah bukti bhakti dharma para panglima jendral atas kemerdekaan Indonesia, perjuangan dan semangat membela negara Indonesia. Kegiatan ini tentunya sangat membangun semangat santri, karena jarang sekali acara seperti ini diadakan di Miftahul Huda. Paling sering setahun sekali atau dua kali.[1]

Mengingat banyaknya kegiatan santri, berikut diatas adalah sebagian besar kegiatan umum dan rutinan santri yang sudah sangat mengakar dan menjadi ciri khas santri Miftahul Huda yang tidak bisa lagi ditinggalkan ataupun dilewatkan.



[1] Dokumentasi kegaitan santri pada kamis, 30 September 2022, Pesawahan, pukul 20.00 WIB



2 October 2022

Literasi Siswa Siswi MA Miftahul Huda Rawalo

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober siswa siswi MA Miftahul Huda Rawalo  Banyumas mengadakan beberapa Agenda Kegiatan diantaranya 

1. Nobar Pristiwa G30 SPKI dan Filem Sang Kiyai 

2. Kegiatan Literasi 

Siswa secara Bersamaan yang biasanya terjawal perkelas pada Momen peringatan hari kesatian pancasial diadakan serentak dengan teman Kilas balik Sejarah Kesaktian pancasial.

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober tidak terlepas dari sebuah insiden berdarah. Insiden tersebut adalah pembantaian terhada p enam Jenderal dan seorang Kapten serta beberapa korban lain. Peristiwa berdarah tersebut dikenal sebagai upaya kudeta Partai Komunis Indonesia untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. 

Latar belakan Gerakan 30 September 1965

Gerakan 30 September atau yang lebih dikenal dengan peristiwa G30S/PKI merupakan insiden berdarah yang menyebabkan enam perwira tinggi berpangkat jenderal, seorang kapten, dan beberapa orang lainnya terbunuh. Hal ini dianggap sebagai upaya pemberontakan yang dilakukan oleh beberapa pengawal istana yang dikenal sebagai Pasukan Cakrabirawa. Pasukan tersebut dianggap mendukung PKI (Partai Komunis Indonesia) yang saat dikomandoi oleh Letkol Untung. 

Korban dari peristiwa G30S/PKI tersebut diantaranya adalah:

  1. Letjen TNI Ahmad Yani (Menteri/ Kepala Staf Komando Operasi Tertinggi/ Panglima Angkatan Darat)
  1. Mayjen TNI Raden Suprapto (Panglima AD Bidang Administrasi/ Deputi II Menteri)
  1. Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono (Panglima AD Bidang Perencanaan dan Pembinaan/ Deputi III Menteri)
  1. Mayjen TNI Siswondo Parman (Panglima AD Bidang Intelijen/ Asisten I Menteri)
  1. Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan (Panglima AD Bidang Logistik/ Asisten IV Menteri)
  1. Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo (Oditur Jenderal Angkatan Darat/ Inspektur Kehakiman)
  1. Letkol Sugiyono Mangunwiyoto (Kepala Staf Korem 072/ Pamungkas, Yogyakarta)
  1. Kol. Katamso Darmokusumo (Komandan Korem 072/ Pamungkas, Yogyakarta)
  1. Bripka Karel Satsuit Tubun (Pengawal Kediaman Resmi Wakil Perdana Menteri II dr. J. Leimena)
  1. Kolonel Katamso (Komandan Korem 072/Yogyakarta)
  1. Letnan Kolonel Sugiyono (Kepala Staf Korem 072/Yogyakarta)

Korban sejarah G30S/PKI tersebut ditemukan pada 3 Oktober 1965 di sebuah lubang yang berada di sebuah wilayah di Pondok Gede. Lubang tersebut kemudian dikenal dengan nama lubang buaya. 

Sasaran utama Jenderal TNI Abdul Harris Nasution selamat dari insiden tersebut. Namun, Lettu CZI Pierre Andreas Tendean dan Ade Irma Suryani Nasution terbunuh karena salah sasaran. Selain beberapa anggota perwira, terdapat juga korban lainnya yang ikut menjadi korban diantaranya adalah:

Pasca Insiden 30 September 1965

Setelah insiden tersebut, PKI telah melakukan pergerakan dengan menguasai dua sarana komunikasi penting, yaitu Studio RRI (Radio Republik Indonesia) di Jalan Merdeka Barat dan Kantor Telekomunikasi di Jalan Merdeka Selatan. Melalui media RRI, PKI menyiarkan berita kepada masyarakat terkait adanya sebuah Gerakan 30 September yang dialamatkan pada anggota “Dewan Jenderal” yang akan melakukan kudeta pemerintahan. Selain itu, mereka juga mengumumkan telah dibentuknya sebuah “Dewan Revolusi” yang diketahui langsung oleh Letnan Kolonel Untung Sutopo.


Baca Juga 

Informasi Seputar Madrasah 

Prestasi Bulan September 



Informasi Penting 



18 July 2022

Kegiatan Matsama MA Miftahul Huda Rawalo Hari Ke 1

 

Kegiatan Matsama (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah ) MA Miftahul Huda Rawalo Hari Ke 1
yang di ikuti oleh 125 siswa baru MA Miftahul Huda Rawalo, kegiatan kali ini di buka oleh oleh kepala kepala madrasah, Bahwasanya siswa madrasah harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru teman baru dan orang tua asuh baru, selain itu siswa siswi madrasah harus mengedepanakan akhlak, memiliki keahalian lain utuk bersaing di duia yang serba digital, santri itu harus mempu memfilter informasi informasi di media sosial tutur  KH. Ulul Albab, M.Pd selalu kepala madrasah. adapun Rangaian kegiatan meliputi, Upacara Pembukaan, Istihozah bersama, Pembacaan Ayat Suci, Sholawat Nabi, Sambutan Ketua Panitia, Pengenalan Panitia MATSAMA, Permaian, Materi Seputar Kesehatan, Pengenalan Linkungan Madrasah, Permaian Tambah Dewi Melistiana Selaku Ketua Panitia MATSAMA